Pengertian modernisasi dan westernisasi

  Pengertian modernisasi dan westernisasi
Modernisasi mungkin merupakan persoalan menarik yang dewasa ini merupakan gejala umum di dunia ini. Kebanyakan masyarakat di dunia dewasa ini terkait pada jaringan modernisasi, baik yang baru memasukinya, maupun yang sedang meneruskan tradisi modernisasi. Secara historis, modernisasi merupakan suatu proses perubahan yang menuju pada tipe sistem-sistem sosial, ekonomi, dan politik yang telah berkembang di Eropa Barat dan Amerika Utara pada abad ke-17 sampai 19. Sistem sosial yang baru ini kemudian menyebar ke negara-negara Eropa lainnya serta juga ke negara-negara Amerika Selatan, Asia, dan Afrika.
Menurut Wilbert E Moore modernisasi mencakup suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomi dan politis yang menjadi ciri negara-negara barat yang stabil. Karakteristik umum modernisasi yang menyangkut aspek-aspek sosio-demografis masyarakat dan aspek-aspek sosio-demografis digambarkan dengan istilah gerak sosial (social mobility). Artinya suatu proses unsur-unsur sosial ekonomis dan psikologis mulai menunjukkan peluang-peluang ke arah pola-pola baru melalui sosialisasi dan pola-pola perilaku. Perwujudannya adalah aspek-aspek kehidupan modern seperti misalnya mekanisasi, mass media yang teratur, urbanisasi, peningkatan pendapatan perkapita dan sebagainya.
Westernisasi adalah sikap meniru dan menerapkan unsur kebudayaan Barat apa adanya tanpa diseleksi. Berlangsungnya westernisasi melalui interaksi sosial yang berupa kontak sosial langsung ataupun tidak langsung. Westernisasi dapat berlangsung terutama melalui media cetak dan elektronik, seperti buku, majalah, televisi, video dan internet.
Westernisasi dapat berlangsung pada setiap generasi baik anak-anak, remaja ataupun orang tua yang kurang peka terhadap nilai kepribadian bangsa Indonesia. Westernisasi di kalangan remaja berlangsung lebih intensif sebab pada usia itu, secara psikologis remaja sedang dalam proses mencari nilai yang dianggap lebih baik.
Negara-negara Barat memang lebih maju, tetapi tidak semua kemajuan harus diserap atau cocok diterapkan di Indonesia. Hal itu bukan berarti semua unsur budaya Barat ditolak untuk berkembang di Indonesia, tetapi harus diseleksi dan disesuaikan dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia.

C.   Penemuan di berbagai bidang Akibat Globalisasi





1.    Tehnologi yang mampu mengolaborasi gelombang emosi,untuk mendeteksi tingkat kejujuran
2.    Tehnologi yang memungkinkan manusia melakukan akses dari tempat yang berbeda dengan durasi yang tak terbatas
3.    Tehnologi yang mengerjakan pekerjaan 100 orang manusia di kerjakan oleh 1 orang
4.    Tehnologi memori card yang dapat menampung banyak data dalam bentuk tera
5.    penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra sonografi).
6.    Tehnologi farmasi dalam sebuah chip yang dikendalikan secara nirkabel
 
 

Komentar

  1. Look at the way my pal Wesley Virgin's report launches in this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the military-and soon after leaving-he discovered hidden, "MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get whatever they want.

    These are the same SECRETS many famous people (notably those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become rich and famous.

    You probably know how you utilize only 10% of your brain.

    That's because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Maybe that expression has even occurred INSIDE OF YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind about 7 years ago, while riding an unlicensed, beat-up trash bucket of a vehicle without a license and $3 on his bank card.

    "I'm so fed up with going through life check to check! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those types of thoughts, ain't it right?

    Your success story is going to be written. You need to start believing in YOURSELF.

    Learn How To Become A MILLIONAIRE Fast

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

 BAB 4 HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN ORGANISASI INTERNASIONAL

LATIHAN SOAL BAB 4

BAB 5 SISTEM HUKUM DAN PERADILAN INTERNASIONAL